Categories
Berita

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dengan Bumbu Dapur

Memiliki panu di wajah atau pada bagian tubuh lain yang terlihat? Banyak orang yang mengalami masalah panu dan tidak sadar. Padahal jika tidak segera diatasi, panu sangat cepat merambat pada area kulit lainnya.

Panu adalah jamur yang harus segera diberantas sampai pada akarnya. Menggunakan salep panu merupakan jalan tercepat namun bagi beberapa orang salep bisa tidak manjur. Tidak cocoknya kandungan dalam salep karena kulit yang sensitif membuat bertambah gatal dan iritasi.

Baca Juga: Kisaran Harga Paket Pernikahan

Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya beralih untuk menggunakan bahan alami akan lebih baik. Bahan alami ini sangat mudah ditemukan dan sebagian saat ini berada di dapur Anda.

5 Cara Menghilangkan Panu Secara Alami Dengan Bumbu Dapur

Menghilangkan panu dengan bahan yang mudah didapatkan ini tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya untuk kulit. Waktu pengobatan yang cepat membuat Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengusir panu.

Carilah bahan alami berikut di dapur atau di pekarangan Anda yang mampu mengatasi panu dengan cepat.

1. Cuka apel

Jamur panu dapat diatasi dengan cuka apel, dikarenakan kandungan anti mikroba yang akan mencegah sekaligus menghilangkan pertumbuhan panu. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu campurkan cuka apel dengan air hangat. Gunakan jumlah takaran yang sama.

Oleskan campuran cuka apel pada bagian kulit yang terkena panu dengan kapas. Diamkan hingga mengering sendiri, baru dibilas dengan air hangat. Lakukan langkah ini setiap hari sampai panu menghilang.

Perlu diingat, menggunakan cuka apel dilarang untuk kulit yang memiliki luka terbuka. Pastikan kulit yang terkena panu tidak mengalami luka karena tingkat asam cuka apel akan menimbulkan infeksi.

2. Lengkuas

Bahan yang bisa Anda temukan di dapur kedua adalah lengkuas. Kandungan lengkuas seperti vitamin dan sodium akan menghambat oksida-nitrat dan produksi lipopolisakarida yang menyuburkan jamur. jadi Anda bisa memanfaatkan untuk menghilangkan panu.

Cara menghilangkan panu secara alami menggunakan lengkuas adalah mengusapkannya pada area kulit berpanu. Potong tipis lengkuas dan tempelkan selama 5 menit, Anda bisa menggunakannya dua kali sehari sampai panu benar-benar menghilang.

Anda juga bisa menghaluskan lengkuas and menempelkannya pada bagian kulit berpanu selama 30 menit. Baru dibilas dengan air bersih.

3. Bawang putih

Bumbu dapur lain yang mudah ditemukan adalah bawang putih. Kandungan anti bakteri dan zat biologis aktif di dalam bawang putih akan membuat panu menghilang seketika. Kandungan antioksidan yang tinggi akan membuatnya mengatasi bakteri dan jamur seperti panu.

Cara menggunakan bawang putih adalah menggosokkannya p[pada area berpanu. Anda juga bisa menumbuhkan dan menempelkannya selama 5 menit. Proses ini perlu dilakukan dua kali sehari hingga sembuh.

4. Kunyit

Kunir atau kunyit adalah rempah Indonesia yang memiliki banyak manfaat. Tidak hanya untuk mempercantik kulit namun juga bisa digunakan untuk mengatasi panu. Kurkumin adalah zat yang terkandung dalam kunyit untuk mengatasi radikal bebas.

Antioksidan akan membantu menghilangkan panu dalam waktu cepat. Cara menggunakannya cukup mudah, jemur kunyit yang telah dikupas kemudian usapkan pada bagian kulit berjamur.

Anda juga bisa menumbuk kunyit dan tempelkan pada kulit berpanu selama 15 menit. Bilas setelah ditempelkan dengan waktu yang tepat.

5. Minyak zaitun

Bahan yang cukup mudah ditemukan adalah minyak zaitun. Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang dicampurkan dengan madu. Kandungan antibakteri dan antijamur dari kombinasi kedua bahan tersebut sangat tinggi.

Oleskan campurkan minyak zaitun dan madu pada bagian kulit yang ditumbuhi panu. Diamkan selama beberapa menit dan bilas. Lakukan cara ini selama empat kali dalam seminggu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *